Senin, 14 Mei 2012

9 Tempat Terbaik Untuk Belajar





Apakah kamu termasuk orang yang kesulitan belajar atau susah berkonsentrasi? Apalagi jika akan ada ulangan atau ujian. Kesulitan itu wajar bagi orang yang lagi belajar, mungkin kamu belum menemukan tempat yang tepat untuk belajar.
Perlu kamu perhatikan tiga hal dalam mencari tempat yang baik untuk belajar, yaitu kenyamanan, tingkat kebisingan, dan akses informasi. Nah berikut ini sembilan tempat terbaik yang bisa kamu gunakan untuk belajar:


1. Perpustakaan
Perpustakaan jelas menjadi puncak rantai makanan yang terbaik untuk belajar. Hal tersebut dikarenakan ruang perpustakaan yang nyaman dan jauh dari kebisingan. Di perpustakaan juga terdapat akses informasi yang besar, seperti buku, internet, dan orang-orang yang akan membantu kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu. Selain itu di perpustakaan bisa kamu dapatkan macam-macam sumber.


2. Kamar
Belajar di kamar tidur adalah tempat terbaik selanjutnya, kecuali jika kamu memiliki teman sekamar, dalam hal ini kamu harus mengosongkan ruangan. Jika memiliki kamar sendiri, kamu tidak akan terganggu dan akan bisa mengatur ruangan senyaman mungkin. Apalagi, jika di kamar tersebut terdapat akses internet untuk membantu mencari informasi belajar yang kamu perlukan. Gunakan kamar semaksimal mungkin untuk belajar, jangan cuma buat tidur atau yang berbau negatif .


3. Coffee Shop
Tiap orang juga punya gaya yang berbeda-beda dalam belajar, misalkan belajar di sebuah kedai kopi. Sebuah kedai kopi bisa dikatakan tempat terbaik untuk belajar, apalagi terdapat akses WIFI, sehingga kamu dapat mengakses info dengan laptop. Selain itu, kamu akan mendapatkan bonus pilihan musik yang dapat membuat kamu rileks.


4. Toko buku
Akses mendapatkan informasi yang terbaik adalah toko buku, karena di sana tedapat ribuan buku teroganisir yang tersedia untuk kamu. Jika kamu akan sedang mencari jawaban yang tepat, tempat ini akan menjadi tempat cocok. Pada beberapa toko buku tersedia pula kafe yang menawarkan tempat rileks untuk kamu jika mengalami kejenuhan ketika belajar di sini.


5. Taman
Mendengar kicau burung, melihat hijaunya daun, merasakan sejuknya angin, serta hangatnya sinar matahari tentu nikmat rasanya. Semua itu akan kamu dapatkan di sebuah taman, jika merasa bosan terkurung di ruangan. kamu bisa jadikan tempat ini untuk memdalami sebuah materi pelajaran yang memusingkan. Tapi ingat ! kalau melihat sepasang dua sejoli yang lagi bercumbu jangan iri , tetep fokus belajar OK.


6. Kelas
Jika merasa tidak nyaman atau mendapat gangguan dari beberapa teman di perpustakaan, misalnya, pertimbangkanlah untuk mengambil ruang kosong sendiri di kelas. Namun, ini tidak akan senyaman di tempat lain, karena jika masih jam sekolah walaupun keadaan kelas saat itu kosong tapi belum tentu kelas samping kosong kan? Jadi kenyamanan yang didapatkan tidak maksimal.


7. Rumah teman sekelas
Manfaat yang bisa didapatkan dengan belajar di rumah teman adalah kamu dan teman kamu juga mempunyai tujuan sama. Selain itu, dengan adanya seorang teman kamu akan bisa mendapatkan informasi cepat tanpa harus mencari di internet. Karena mungkin saja, teman kamu lebih banyak tahu atas apa yang kamu pelajari, apalagi jika ia memang teman sangat pintar di kelas. Jadi saran saya kamu pilih aja rumah teman yang anaknya memang lebih pintar dari kamu


8. Bimbel atau komunitas belajar
Jika kamu belum menemukan tempat terbaik untuk belajar, kamu mungkin bisa pergi ke pusat bimbingan belajar. Di sana kamu akan menemukan pembimbing yang bisa membantu belajar. Namun, tentunya kamu harus mengeluarkan sedikit biaya. Cara lainnya adalah kamu bisa mencari komunitas belajar secara online atau langsung. Atau, kamu juga bisa membuat komunitas belajar sendiri dengan teman yang satu sekolahan atau lain sekolahan.


9. Tempat favorit
Belajar bisa juga di tempat yang dianggap kamu favorit. Mungkin pikiran akan mudah menyerap materi yang kamu pelajari.

OK sampai disini, Semoga bermanfaat. Semangat untuk belajar !!!

0 Comments: