Jumat, 03 Agustus 2012

Tips Memperkuat Daya Ingat Anda



Daya ingat sering dihubungkan dengan usia. Semakin tua usia seseorang, maka daya ingatnya semakin rendah dan begitu juga sebaliknya.
Namun, tak sedikit anak muda yang daya ingatnya rendah atau pelupa. Untuk mencegah atau mengatasi hal tersebut, berikut tips yang dapat memperkuat daya ingat Anda :


1.      Menyaring informasi
Terkadang Anda tidak mengerti bagaimana mengelola informasi yang masuk ke dalam memori mereka. Banyak informasi yang tak jelas atau membingungkan tertanam dalam ingatan. Untuk mengingat informasi baru yang disajikan kepada Anda, rangkumlah kembali seluruh informasi dengan menggunakan kata-kata Anda sendiri. Jika Anda tidak dapat melakukan ini, maka merupakan pertanda baik bahwa Anda tidak memahami sama sekali materi yang diberikan. Anda dapat mencoba untuk mempelajarinya kembali.

2.      Mengatur informasi
Untuk lebih mempertahankan informasi dalam memori, cara yang dapat dilakukan adalah mengorganisir ingatan ke dalam beberapa kategori. Cara ini akan memudahkan Anda untuk mengingat sesuatu. Misalnya, jika Anda mencoba mengingat kosa kata bahasa asing, kategorikanlah sesuai jenis atau memiliki arti yang serupa. Informasi lebih mudah dicerna jika diterima secara teratur daripada informasi yang acak.

3.      Gunakan gambar untuk meningkatkan daya ingat
Lebih mudah mengingat gambar daripada teks buku. Visualisasi adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengingat informasi dibandingkan melalui proses baca atau diucapkan. Untuk melakukan ini, ingatlah sebuah visual atau gambar dalam pikiran Anda secara abstrak. Informasi yang diterima secara visualisasi akan membekas dalam pikiran Anda, sehingga meningkatkan kemungkinan Anda untuk mengingatnya.

4.      Aktif belajar
Untuk mengingat konsep, Anda harus berlatih dengan belajar aktif. Jika Anda pasif dalam kebiasaan belajar Anda, maka akan sangat sulit untuk mengingat apa yang Anda baca. Salah satu cara untuk mempertahankan memori Anda terhadap suatu informasi adalah dengan mengajarkan pelajaran yang Anda pahami kepada teman-teman Anda. Cara lain bisa dengan melakukan kegiatan kelompok belajar. Dengan menerapkan strategi belajar aktif, Anda akan mampu meningkatkan kemampuan memori Anda.

5.      Sering meninjau ulang informasi
Banyak sekali siswa yang belajar dengan sistem kebut semalam. Menjejalkan segala informasi untuk diingat dalam satu waktu merupakan kebiasaan yang tidak baik. Kunci untuk retensi memori dengan cara sering meninjau ulang catatan dan bahan studi mingguan. Melalui review yang berulang-ulang, Anda akan mulai menyimpan informasi efektif yang telah dipelajari. 

6.      Gunakan akronim untuk mengingat
Banyak siswa lebih mudah menghapal pelajaran dengan menggunakan singkatan ketika menghapal fakta. Setiap huruf mewakili sebuah kata dalam kalimat terpisah. Misalnya, FBI singkatan dari Biro Investigasi Federal. Akronim tidak perlu menjadi kata-kata nyata.


Selain yang di atas, cara ini juga bisa Anda lakukan. Nyooooh !

1.      Senam Otak
Otak semacam otot yang perlu dilatih secara rutin dan berkala. Caranya sederhana, lakukkan hal-hal yang sifatnya bisa anda gunakan untuk mengasah ingatan. Misalnya saja mengingat 10 benda yang ada dalam lemari, mengingat judul lagu-lagu lama, dll.

2.      Minum Air Putih
Dengan air putih seluruh fungsi organ dalam tubuh termasuk juga otak akan bisa berjalan dengan baik. Untuk meningkatkan daya ingat anda dengan konsumsi air yang cukup. Anda bisa meminum air  6-8 gelas dalam satu hari.

3.      Bersantai
Jika anda melakukkan aktivitas dan anda merasa tertekan dan stres, hal itu tidak baik untuk otak anda. Untuk itulah jika anda menghadapi keadaan yang demikian, beristirahatlah sejenak dan lakukkan aktivitas santai yang anda sukai, bisa saja membaca buku, bermain game, nonton film, dll.

4.      Permainan Asah Otak
Tentunya anda sudah familiar dengan permainan TTS (Teka-Teki Silang). Memainkan permainan seperti ni juga berguna untuk meningkatkan daya ingat anda.

5.      Mengenang Masa Lalu
Melihat hal-hal di masa lalu yang sudah pernah anda alami dulu juga akan melatih dan meningkatkan daya ingat anda. Coba kenang masa lalu anda walau itu pahit haha.

6.      Makanan
Dapatkan nutrisi untuk meningkatkan daya ingat anda dari makanan-makanan sehat seperti minyak ikan. Untuk makanan yang lainnya, anda bisa mengkonsumsi blueberry, buah bit, dan bawang merah. Asam folat seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat anda.

7.      Berolahraga
Latihan secara fisik bisa mendukung perbaikan sirkulasi darah. Olahraga yang bisa anda lakukan misalnya senam aerobik, jogging, dll. Hal ini sangat bisa meningkatkan daya ingat anda.

8.      Tidur Yang Cukup
Tidur dibutuhkan agar seluruh tubuh anda bisa mendapatkan istirahat cukup sebelum beraktivitas di hari esok. Oleh karena itu, cukupkan waktu tidur anda agar fisik dan mental anda sehat, dan hal itu juga akan meningkatkan daya ingat anda.




Selamat mencoba kawan !

0 Comments: